Langkah Menanam Bunga Matahari Dari Biji

Menanam Bunga Matahari


Bunga matahari memang mempunyai pesona keindahan yang memalingkan perhatian beberapa orang. Bunga yang mempunyai nama ilmiah Helianthus annuus Linn ini nyatanya benar-benar gampang untuk ditanam memakai biji bunga matahari itu. Butuh Anda tahu jika bunga matahari ini nyatanya tidak cuma dipakai jadi penghias pekarangan saja, faedah yang dikandungnya juga benar-benar mempesona, yakni bisa mengobati beberapa penyakit.

Bunga matahari mempunyai penampilan yang demikian menarik. Benar-benar cantik jadi bunga potong, atau bunga penghias pekarangan. Diluar itu, bunga matahari mempunyai manfaat buat kesehatan badan. Akar dari bunga matahari ini dapat mengobati infeksi yang menyerang aliran pernafasan, serta aliran kencing. Selain itu sisi bunganya benar-benar bagus untuk kurangi sakit kepala, ngilu sebab haid serta masih banyak. Beberapa kelebihan ini tentu saja bisa membuat Anda tertarik untuk menanamnya sendiri di dalam rumah. untuk Anda yang tertarik untuk membudidayakan bunga matahari ini, kesempatan ini akan kami uraikan beberapa beberapa langkah yang bisa Anda menempuh untuk menanam bunga matahari memakai bijinya.

Penentuan Benih Bunga Matahari Favorit 

Seperti saat Anda akan membudidayakan tanaman yang lain, langkah awal yang bisa Anda menempuh untuk menanam bunga matahari memakai bijinya dengan pilih benih yang berkualitas terlebih dulu. Penentuan benih ini benar-benar memastikan tanaman bunga matahari yang nanti akan tumbuh. Belilah benih bunga matahari yang betul-betul bagus serta dari indukan yang sehat.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari 

tahap selanjutnya yang butuh Anda kerjakan ialah menyiapkan media tanam untuk menanam bunga matahari. Media tanam bisa dibikin dari gabungan tanah serta kompos yang digabung dengan perbandingan 2:1. Persiapan media tanam ini lebih baik dikerjakan sebelum membuat bibit bunga matahari. Ini diperuntukkan supaya nutrisi dalam kompos dapat menyatu dengan tanah hingga tanah jadi subur serta pas untuk media tanam bunga matahari.

Pembibitan Bunga Matahari 

Sesudah beli benih yang favorit, serta menyiapkan media tanam, Anda bisa meneruskan penanaman bunga matahari ini dengan membuat bibit bunga matahari. Pembibitan ini bisa dikerjakan dengan menyemaikan benih yang sudah dibeli di media semai seperti polybag atau baki semai. Media tanam untuk menyemai benih bunga matahari bisa dibikin dari kombinasi tanah, kompos serta arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Penyemaian biji bunga matahari pada baki semai. Siram media semai dengan air seperlunya baru Anda bisa menyebar benih bunga matahari. Taruh dalam tempat yang tidak terserang cahaya matahari dengan cara langsung. Upayakan juga supaya baki semai tidak terserang air hujan dengan cara langsung. Oleh karena itu Anda butuh lakukan penyiraman teratur pada baki semai supaya keadaan media semai masih lembab. Keadaan ini akan menolong percepat perkembangan bibit bunga matahari. Bibit akan siap untuk ditanam sesudah 30 hari di waktu persemaian.

Penanaman Bibit Bunga Matahari 

Sesudah bibit siap ditanam, Anda tinggal mengalihkannya pada lain tempat baik itu di pot, polybag atau langsung di tanah. Perpindahan ini bisa menolong percepat perkembangan sebab bunga matahari akan hidup terpisah dari bibit-bibit yang lain. Penanaman bisa dikerjakan lewat cara mencabut bibit bunga matahari dari baki semai. Bila baki semai dalam kondisi kering, Anda bisa menyiraminya supaya tanah jadi lunak serta akar-akar bunga matahari tidak ketinggalan di baki semai. Kemudian Anda langsung dapat menanamnya dengan kedalaman kurang lebih 10 cm atau sampai akarnya tidak terpendam semuanya dalam tanah.

Perpindahan bibit bunga mataahri pada wadah pot. Bunga matahari mempunyai ukuran tinggi tanaman yang beragam bergantung macamnya. Jadi upayakan pilih pot yang ukurannya dapat memberi dukungan perkembangan tanaman bunga matahari itu. Perawatan Teratur Untuk Bunga Matahari

Sesudah dipindahkan dari baki semai, bibit bunga matahari ini akan berupaya menyesuaikan dengan media tanam barunya. Dengan begitu, Anda butuh memerhatikan betul-betul pertumbuhannya pada saat ini. Bunga matahari terhitung tanaman yang memerlukan konsumsi air yang lumayan banyak, hingga Anda bisa memberi penyiraman sekitar 2x dalam satu hari. ini tentu saja dikerjakan saat memang cuaca sedang terik. Gabungan di antara cahaya matahari yang melimpah dengan konsumsi air yang banyak akan membuat perkembangan serta perubahan bunga matahari makin cepat.

Bunga matahari yang tumbuh pendek, contohnya bunga matahari type dwarf, bisa jadi masih ditumbuhkan dalam pot kecil sebab ukuran tumbuhnya yang memang tidak demikian menjulang. Tidak hanya lakukan penyiraman, Anda dapat memberikan tambahan suplemen pada bunga matahari Anda lewat cara memberi pupuk sesudah usianya sampai dua bulan, serta teratur untuk bulan-bulan seterusnya. Bila satu saat bunga matahari Anda terkena penyakit atau hama yang bisa mengganggu perkembangan bunga matahari itu, Anda butuh memberi pestisida atau insektisida yang spesial untuk bunga matahari.

Bila Anda menanam bunga matahari yang varietasnya tumbuh tinggi, Anda dapat mengalihkannya pada tempat pekarangan Anda supaya tanaman bunga matahari dapat tumbuh lebih bebas . Demikian penjelasan kami berkaitan langkah menanam bunga matahari yang benar memakai bijinya. Mudah-mudahan Anda bisa di inspirasi untuk ikut juga menanam bunga matahari untuk mendapatkan beberapa manfaat yang dikandungnya. Bila Anda telah mempunyai bunga matahari serta ingin manfaatkan bijinya kembali, Anda harus mengeringkannya terlebih dulu. Telah tahu triknya? Bila belum, yuk simak juga artikel kami mengenai langkah gampang mengeringkan bunga matahari.

Komentar

Postingan Populer