Langkah Membuat Pestisida Organik serta Insektisida Alami

Langkah Membuat Pestisida Organik serta Insektisida Alami


Pestisida organik serta insektisida nabati bisa dibikin memakai beberapa pilihan, yaitu pestisida organik, semprotan serangga, semprotan daun pepaya, semprotan tomat, dan sebagainya. Beberapa pestisida organik serta insektisida nabati itu akan di ulas satu-satu dalam artikel kesempatan ini. Tetapi awalnya kita akan cari tahu terlebih dulu. Apakah itu pestisida organik serta insektisida nabati?

Pestisida organik atau insektisida nabati adalah satu diantara jalan keluar untuk pemberantasan hama pada tanaman hidroponik. Banyak petani hidroponik yang menyalahkan tanamnnya terserang oleh hama atau serangga seperti semut, laba-laba, ulat, dan sebagainya. Penggunaan pestisida organik serta insektisida alami ini tidak dapat dipakai setiap waktu, tetapi cuma dapat dipakai waktu betul-betul dibutuhkan saja.

Tanaman hidroponik rawan terserang serangan hama serta penyakit tanaman. Oleh karenanya, manfaatkan pestisida organik serta insektisida nabati dapat jadi jalan keluar buat Anda untuk memberantas hama serta penyakit tanaman. Pestisida organik serta insektisida alami juga semestinya dipakai waktu tanaman hidroponik telah betul-betul dalam kondisi rusak. Bila rusaknya cuma dikit, semestinya jangan dahulu dipakai. Perhatikan dahulu gerakan hama-hama itu, apa cepat menyerang ataukah tidak. Apabila ada predator hama di tanaman hidroponik Anda, semestinya biarlah predator itu yang kerja. Sebab bila Anda gegabah memakai pestisida organik serta insektisida nabati, malah anda bisa meneror kehadiran predator hama yang sebetulnya bisa menolong dalam pemberantasan hama atau serangga yang menyerang.

Baca juga: Toko Karangan Bunga Manado

Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk bikin pestisida organik serta insektisida nabati. Semestinya lebih waspada dalam penggunaan, sebab ada banyak insektisida nabati yang benar-benar kuat serta ampuh dalam memberantas serangga. Bahkan juga bila serangga yang menyerang tanaman anda bukan serangga yang betul-betul beresiko, penyemprotan insektisida alami ini malah bisa memunculkan permasalahan lain pada tanaman anda masa datang.

Pestisida Organik Beberapa bahan Bawang putih 1 ons.

Kunyit 1 ons.

Lengkuas 3 ons.

3 batang serai.

Merica seperlunya.

Hama Target Semut, lalat buah, tungau, ulat daun, jangkrik, belalang, laba-laba, kutu, dan sebagainya.

Langkah Membuat Tumbuk beberapa bahan yang telah disediakan itu sampai halus.

Campur dengan 1 liter air serta didihkan.

Sesudah mendidih, alihkan ke mangkuk besar atau wadah lainnya.

Imbuhkan sabun bersihkan piring seperlunya.

Aduk sampai rata serta dinginkan.

Sebelum dipakai, saring kombinasi itu supaya tidak menutup pada semprotan.


Sesudah semua bahan tercampur, didihkan, lalu saring serta taruh pada wadah penyemprot. Aplikasi Tiap pemakaian 100 cc sampai 200 cc, imbuhkan air 3 liter sampai 4 liter. Semprotkan pada tanaman yang terserang hama.

Semprotan Serangga Tanaman Hama Target Ulat bulu, keong, cacing, siput, serta hama kecil.

Langkah membuat Mencari serta mengambil serangga yang sudah menggerogoti tanaman Anda.

Tumbuk serangga itu sampai halus serta masukan ke ember kecil yang berisi air.

Diamkan sepanjang 2 hari.

Sebelum dipakai, saring cairan itu serta masukan ke botol penyemprot.

Aplikasi Semprotkan pada tanaman Anda yang sudah digerogoti serangga serta hama.

Type hama yang sama pasti menghindarkan cairan yang berisi hama itu.

Sisa tumbukan hama bisa ditempatkan mengelilingi tanaman untuk menghindari hama yang sama kembali menyerang.

Semprotan serangga tanaman ini kurang efisien untuk belalang.

Semprotan Bawang Putih serta Cabe Beberapa bahan 3 siung bawang putih.

Lombok seperlunya.

Sepanci air.

¼ balok sabun.

Langkah Pengerjaan Kupas 3 siung bawang putih serta campur dengan lombok yang sudah disediakan.

Rebus bawang putih serta lombok itu ke sepanci air.

Imbuhkan ¼ balok sabun, aduk sampai rata.

Diamkan sepanjang 1 hari.

Hama Target Cacing, ulat bulu,serta ngengat.

Aplikasi

Saring 2 cangkir larutan itu sebelum dipakai.

Semprotkan pada tanaman yang diserang hama.

Bawang putih adalah insektisida, penolak hama, serta fungisida.

Lombok adalah insektisida serta penolak hama.

Sabun dipakai untuk menolong melekatkan cairan yang disemprotkan pada tanaman serta serangga.

Semprotan Daun Pepaya Beberapa bahan Daun pepaya 1 kg (kira-kira 1 tas plastik besar).

5 liter air.

1 sendok sabun.

Cara membuat Tumbuk daun pepaya itu sampai halus.

Campur dengan 1 liter air.

Diamkan sepanjang 1 jam.

Campur kembali dengan 4 liter air.

Imbuhkan 1 sendok sabun.


Sesudah daun pepaya dihaluskan diberi air seperlunya lalu ditambah lagi 1 sendok sabun bersihkan piring. Hama Target Rayap, hama kecil, serta ulat bulu.

Baca juga:



Aplikasi Semprotkan larutan daun pepaya ini pada tanaman yang terserang hama.

Semprotan Daun Talas Langkah membuat semprotan ini benar-benar gampang. Cukup hanya menumbuk 10 helai daun talas, tumbuk sampai halus, serta campur dalam 3 liter air. Percikkan ke tanaman memakai sapu lidi, serta yakinkan semua sisi tanaman terserang percikan dengan rata untuk memberi perlindungan optimal pada tanaman dari serangga. Daun talas cukup efisien untuk memberantas serangga sebab memiliki kandungan asam lisollic yang akan membunuh serangga saat itu juga.

Semprotan Daun Tomat Hama Target Daun tomat adalah insektisida alami serta fungisida mudah yang efisien untuk memberantas semut, cacing, ulat bulu, belalang, ngengat, nematode, jamur, lalat putih, serta bakteri pembusuk.

Beberapa bahan 1 kg daun tomat.

Batang serta buah tomat seperlunya (kira-kira 1 pegang).

Air kira-kira 4 liter.

¼ batang sabun.

Langkah Pengerjaan Masak 1 kg daun tomat ke 2 liter air sepanjang 30 menit.

Imbuhkan satu genggam daun, batang, serta buah tomat.

Imbuhkan 2 liter air.

Aduk sampai rata.

Biarlah sepanjang 6 jam.

Saring serta imbuhkan ¼ batang sabun.

Aplikasi Semprotkan sepanjang 2 hari sekali bila jumlahnya serangga yang menyerang tanaman lumayan banyak. Butuh dicermati, jika daun tomat adalah insektisida yang cukup beresiko buat manusia. Sebab kandungan beberapa zat kimia beracun pada daun tomat jadi lebih aktif sesudah dibuat. Oleh karenanya, pakai sarung tangan serta masker penutup mulut waktu menyemprotkan cairan itu.

Semprotan Daun Tembakau Beberapa bahan 1 kg daun tembakau.

15 liter air.

2 sendok sabun.

Langkah Pengerjaan Rendam 1 kg daun tembakau itu ke 15 liter air sepanjang 1 hari 1 malam penuh.

Selanjutnya, imbuhkan 2 sendok sabun yang sudah disediakan. Dapat berbentuk sabun bubuk atau sabun cair.

Aduk sampai rata.

Saring cairan sebelum dipakai.


Ekstrak tembakau jadi pestisida nabati. Air rendaman daun tembakau berwarna hitam pekat. Aplikasi Semprotan daun tembakau semestinya dipakai jadi pilihan paling akhir untuk menangani hama serta serangga, sebab daun tembakau ini benar-benar beracun serta beresiko buat manusia. Hingga waktu pemakaian serta membuatnya semestinya memakai masker serta sarung tangan. Tidak hanya beresiko buat manusia, semprotan daun tembakau dapat membunuh serangga yang bermanfaat juga.

Hama Target Keong, ulat bulu, siput, serta virus daun keriting. Jangan pakai cairan ini untuk tanaman tomat, terong, lombok, bunga mawar, serta kentang.

Semprotan Sabun Langkah membuat semprotan pestisida ini cukup hanya mencampurkan satu sendok besar sabun bubuk atau sabun cair dengan satu liter air. Semprotkan cairan itu cuma di bagian tanaman yang rusak. Tidak hanya memakai sabun, Anda bisa manfaatkan air sisa cucian piring atau sisa cucian pakaian untuk bikin pestisida ini. Cairan ini efisien untuk keong, ulat bulu, siput, kumbang kecil, serta serangga pemakan daun yang lain.

Semprotan Lem Semprotan ini bisa dibikin memakai air sisa rebusan singkong, kentang, atau talas yang digabung dengan air seperlunya. Sesudah larutan siap, semprotkan pada tanaman. Larutan yang baik akan membuahkan susunan tipis kering pada tanaman waktu kering. Larutan ini berperan untuk menjebak serangga yang menyerang supaya melekat di cairan itu sampai mati lemas. Cairan ini efisien untuk ulat bulu, lalat putih, serta serangga kecil yang lain.

Semprotan Sari Jahe Sediakan satu genggam jahe serta parut ke satu ember air. Aduk sampai rata, serta biarlah sepanjang sehari. Semprotkan ke tanaman yang rusak untuk mengatur ulat bulu atau larva ulat yang menyerang tanaman anda.

Perlu untuk diketahui jika pemakaian pestisida organik serta insektisida nabati pada tanaman hidroponik cuma dapat dikerjakan bila keadaan tanaman itu betul-betul dalam kondisi rusak kronis seperti gambar di atas. Beberapa pilihan di atas adalah beberapa jalan keluar untuk memberantas hama serta serangga beresiko pada tanaman hidroponik. Butuh diingat, jika larutan-larutan itu cuma dipakai waktu keadaan tanaman telah rusak kronis supaya tidak membunuh serangga predator hama atau serangga yang baik buat tanaman. Selamat coba.

Komentar

Postingan Populer